Catatan Harian Seorang Wanita

Archive for the ‘kehamilan’ Category

Congratulation For Maminya Padil yang udah melahirkan tgl 22 Juli 2008 dengan nama ALISHA NABIHA kalo g salah ya namanya dengan Normal Berat 3.1 Kg panjang 47 cm dengan selamat. Selamat ya mak …..heheheheh buat FADHIL semoga bisa ngalah sama adeknya. Jangan gendong terus sama maknya, sekarang giliran si dedek.

Advertisements

7 Benda Wajib Dimiliki Ibu Hamil

Selain baju hamil, yang umumnya dibuat dari bahan katun atau kaus, ada
beberapa benda lain yang tak kalah penting. Benda-benda ini dapat
membuat ibu hamil merasa lebih nyaman dan percaya diri, hingga
menunjang penampilan menjadi lebih segar dan cantik.

Bra & celana dalam khusus

Bra tanpa kawat penyangga atau kawat penyangga yang sangat lembut dapat
membuat payudara yang ukurannya membesar tetap tersangga dengan baik.

Demikian juga celana dalam khusus sangat bermanfaat karena dilengkapi
dengan ‘kantung’ elastis atau ‘kantung’ yang dilengkapi dengan velkro,
hingga dapat mengikuti sekaligus menyangga bentuk perut yang terus
membesar. ( Wacoal Maternity )

Krim pelembap kulit perut & payudara

Biovergetures: Jel krim yang diperkaya dengan unsure hydrating ini,
melembapkan, mencegah dan mengurangi guratan-guratan serta memperbaiki
elastisitas dan meningkatkan kekencangan kulit.

Bust ‘Up Intensive Bust Firming Gel : Jel segar mengandung
toning/firming complex untuk mengencangkan, tensing complex, ceramides
dan hydrating polimer untuk mengembalikan kualitas dan kecantikan
payudara. ( BIOTHERM )

Sepatu & sandal berhak rendah

Sepatu dan sandal datar atau berhak rendah wajib dipakai oleh ibu
hamil. Jika ia memakai hak tinggi, maka bokong akan bekerja lebih keras
untuk menyangga beban yang berat. Juga, bahan yang lembut sangat baik
untuk kenyamanan kaki.

Bantal bentuk segitiga

Bantal segitiga ini khusus didesain untuk menyangga kaki dan pinggang,
agar posisi tidur ibu hamil lebih nyaman. ( Perina Maternity )

Sepanjang
tidak berlebihan dan terlalu berat, olahraga tetap dapat menyehatkan
anda. Wanita hamil yang berolahraga secara teratur mengalami kenaikan
berat dan lemak tubuh yang lebih sedikit dibandingkan wanita yang
kurang aktif. Berat badan tetap naik dengan normal dan bayi tetap dalam
kondisi kesehatan yang prima. Selain itu, kehamilan dan proses
persalinan wanita aktif cenderung tidak bermasalah.

Jika anda terbiasa berolahraga, tetaplah melakukannya. Berhentilah
ketika anda merasa lelah. Bila kehamilan mempengaruhi keseimbangan
tubuh anda, maka jalan kaki adalah olahraga yang paling tepat bagi
anda. Berkonsultasilah dengan ahli kesehatan untuk menentukan jenis dan
durasi olahraga khusus yang dapat melatih otot-otot kelahiran.

Sebelum hamil, aktifitas dan olahraga membuat tubuh anda cukup
bugar untuk dapat mengandung dan melahirkan. Sedangkan pada waktu
hamil, olahraga dapat menguatkan otot dan melindungi persendian serta
tulang belakang anda. Dengan berolahraga, tuntutan masa kehamilan pada
tubuh dapat terpenuhi dengan baik.

Jika anda ingin tetap berolahraga semasa hamil, maka
berkonsultasilah terlebih dahulu dengan dokter pribadi anda. Semakin
anda aktif dan bugar, semakin kecil kemungkinan untuk menderita kaku
dan sakit sepanjang kehamilan.

Pengetahuan dasar tentang kebugaran perlu anda ketahui apapun
jenis olahraga anda. Berikut beberapa pertimbangan dalam berolahraga:

Jangan berolahraga sampai kelelahan atau sakit. Anda harus mampu
bernapas secara normal sewaktu berolahraga. Ketika anda sulit bernapas,
janin pun mengalami hal yang sama. Hitunglah laju debar jantung pada
puncak olahraga (ahli kesehatan akan menunjukkan caranya). Debar
jantung tidak boleh melebihi 140 detakan per menit.

Anda dapat memulai berolahraga dengan berjalan kaki. Berjalanlah
perlahan-lahan selama 20 menit per hari. Jangan pikirkan kecepatan
berjalan atau jarak yang ditempuh karena anda tidak sedang berlomba.
Hindarilah segala bentuk aktifitas yang bersifat kompetisi.

Berenang adalah salah satu olahraga yang dianjurkan bagi wanita
hamil sampai menjelang kelahiran. Berenanglah secara perlahan-lahan dan
hindari air dingin. Anda pun bisa tetap bersepeda dan menari
selama trimester pertama dan kedua, asalkan jangan berakrobat.
Menunggang kuda dan berselancar tidak dianjurkan karena adanya resiko
terjatuh.

Ikutilah kelas senam untuk ibu hamil. Seorang guru akan sangat membantu anda untuk melakukan gerakan dengan benar.

Berolahraga secara teratur dan berirama. Cobalah berolahraga dengan iringan musik.

Meskipun anda tidak berolahraga penuh secara rutin, cobalah untuk
sedikit berolahraga setiap hari. Olahraga secara teratur lebih baik
daripada olahraga yang dilakukan sekali-sekali. Berlatih dengan seorang
teman dapat membuat anda rajin berolahraga.

Tanyalah kepada ahli kesehatan jenis olahraga yang dapat dilakukan sambil duduk di kursi.

Apapun bentuk olahraga anda, selalu lakukan pemanasan terlebih
dahulu misalnya: berjalan atau bersepeda stasioner secara lambat selama
5 menit. Sebelum mulai berolahraga, tarik nafas dalam-dalam beberapa
kali untuk melancarkan peredaran darah seluruh tubuh sehingga otot-otot
mendapat pasokan oksigen cukup.

Lakukanlah pendinginan/ peregangan selesai berolahraga.

Minumlah air sebelum dan sesudah berolahraga. Bila perlu, berhentilah sebentar untuk minum.

Jangan berdiri jinjit terlalu lama untuk menghindari kejang.

Jika merasakan gejala-gejala aneh ketika sedang atau sesudah berolahraga, segera temui dokter pribadi anda.

Berikut ini beberapa petunjuk senam bagi wanita hamil.

Berbaringlah diatas punggung, tekuk kedua lutut keatas,
rentangkan kedua kaki selebar 30 cm (12 inci), menapak rata di atas
lantai. Kepala dan pundak sebaiknya ditopang dengan bantal, kedua
tangan terletak rata di lantai di samping tubuh. Posisi senam ini hanya
sampai bulan keempat. Setelah itu, senam dengan tubuh rata diatas
lantai tidak dianjurkan lagi, karena rahim yang membesar akan sangat
membebani pembuluh-pembuluh darah utama.

Kencangkan dengan kuat otot-otot vagina dan anus. Tahanlah
selama mungkin (sekitar 10 detik) lalu lemaskan perlahan-lahan. Setelah
bulan ke-4 lakukan latihan ini dalam posisi berdiri atau duduk. Lakukan
kurang lebih 25 kali sehari.

Hembuskan napas saat menekan lekuk punggung ke lantai. Tarik
napas dan lemaskan punggung anda. Ulangi 3 atau 4 kali. Latihan ini
bisa juga dilakukan sambil berdiri menyandar di dinding. Tarik nafas
pada waktu menekan lekuk punggung ke dinding. Posisi berdiri sangat
baik untuk memperbaiki postur tubuh dan sebaiknya dilakukan setelah
bulan ke-4.

Berbaring miring ke kiri dengan pundak, pinggul, dan lutut dalam
satu garis lurus. Telapak tangan kanan menapak lantai di depan dada,
dan topang kepala dengan tangan kiri. Rileks, tarik napas, lalu
hembuskan perlahan-lahan sambil mengangkat kaki kanan setinggi mungkin,
punggung kaki melentur (jari-jari kaki menunjuk kearah perut
anda) dan mata kaki sebelah dalam menghadap ke lantai. Ulangi 10 kali
untuk setiap sisi. Lutut dari kaki yang diangkat boleh lurus atau
menekuk.

Membungkuk bertekan pada lutut dan tangan dengan punggung rileks
seperti biasa, tulang punggung jangan melengkung kebawah. Angkat
kepala, leher lurus dengan tulang punggung. Kemudian bungkukkan
punggung, kencangkan perut dan pantat, lalu jatuhkan kepala sejauh
mungkin. Kembalikan punggung dan kepala perlahan-lahan ke posisi awal.
Ulangi 3 atau 4 kali. Latihan ini amat membantu mengatasi tekanan pada
tulang punggung yang disebabkan oleh pembesaran rahim (uterus).

Duduk bersila dengan nyaman. Seringlah duduk bersila lalu
lakukan peregangan tangan. Peganglah pundak lalu rentangkan kedua
tangan keatas kepala seolah ingin meraih langit-langit, yang satu lebih
tinggi dari yang lain. Lakukan yang sama untuk tangan satunya. Tangan
jangan disentak-sentak. Ulangi 10 kali.

Leher seringkali terasa kaku. Latihan ini membantu melemaskan
leher dan seluruh tubuh. Duduk bersila sambil memejamkan mata. Tarik
napas pelan-pelan, putar kepala setengah lingkaran perlahan-lahan.
Buang napas, rileks, lalu tundukkan kepala. Ulangi 4 sampai 5 kali,
berganti-ganti arah. Lakukan 3 sampai 4 kali sehari.

Periksakan diri ke ahli kesehatan sebelum melakukan senam ini atau
olahraga lain. Bila anda merasakan ada gejala-gejala aneh sewaktu
berolahraga, segeralah berkonsultasi dengan ahli kesehatan.

Aduh dek…kenapa hari ini mama males banget mau sholat dhuhur. Ini aja tadi sholat dhuhur jam 13.50, males banget sampe huh susah banget disuruh bangkit dari t4 duduk. Lha iya gimana. Allah ampuni aku ya ….. tolong tegur aku dong, dek mbok ya mama di tegur kalo males gini. Itu khan g baek.

Powered by ScribeFire.

Hari ini aku tersiksa, sebenernya g cuma hari ini aja. di perutku ada yang nonjol trus sakit banget. Bukannya aku mengeluh tapi emang sakit banget yang nonjol itu, jadi bingung harus posisi yang kayak gimana.

Powered by ScribeFire.

Morning friday…..Pray for me and the baby, i hope my baby always health and can out in the world normal. Keep pray for me and the baby. I still wait you babe.

Powered by ScribeFire.

Usia kehamilanku kalo g salah 34 minggu lebih dikit. Tiap detik, tiap menit tiap jam tiap hari tiap detak jantungku aku selalu berdoa semoga bayiku segera di posisi normal.Amien. Mohon doanya ….

Setiap hari di kantor (Maaf ya bos abis emang g ada kerjaan n kurang kerjaan jadi gini deh) aku selalu mencari artikel untuk gimana dengan kondisi janinku terutama dengan posisinya. Abis berdebar-debar n jadi mikir melulu. Ya Allah semoga bisa. Tiap hari aku selalu nungging, setiap nungging pasti 10 Menit. Jarang kurang dari itu. Seperti rutinitas sehari-hari malah kalah sama makan. 😀 Sedih bingung. Jujur aku pengen kelahiran normal tanpa operasi bukan karena apa. Pertama , uange itu lumayan besar bagi aku n suamiku. Yang kedua kalo penyembuhan caessar lebih lama dari normal n resikonya jauh lebih besar. Ya Allah beri support aku dan beri aku kekuatan dan semoga my baby segera normal.

Powered by ScribeFire.